Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Saturday, June 28, 2014

Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan dan kandungannya

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk kedalam spesies tumbuhan genus asparagus. Sebagai salah satu jenis sayuran, sejak zaman dulu pun asparagus telah digunakan sebagai bahan makanan karena mempunyai rasa yang sedap dan ia juga memiliki sifat diuretiknya. Adanya sifat diuretik membuat asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu untuk memperbaiki kinerja ginjal.

Asparagus mengandung sejumlah nutrisi dan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Asparagus merupakan sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, selenium, magnesium, seng, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, fosfor, asam folat, zat besi, tembaga, dan mangan.

Sejak tahun 2000 tahun yang lalu di daerah mediterania bagian timur, asparagus telah dikenal karena sifat pengobatannya serta teksturnya yang begitu unik. Asparagus sendiri merupakan tanaman tak berdaun dan bisa tumbuh hingga mencapai 25 cm dalam sehari.

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak di tanam di Negara Amerika, terutama Amerika bagian utara. Biasanya, orang-orang mengambil rebungnya untuk di makan. Rebung yang di ambil pun adalah rebung besar yang berwarna putih dan mempunyai karakter lunak serta gemuk. Pada umumnya, asparagus disajikan sebagai sayuran segar atau dalam bentuk makanan kalengan. Meskipun di Negara Indonesia belum dikenal secara luas, namun manfaat yang tersimpan didalamnya begitu besar dan sayuran asparagus juga memiliki prospek yang cukup besar untuk dijadikan peluang usaha pertanian.
Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan


Banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada asparagus membuat sayuran ini mempunyai cukup banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung
Asparagus mengandung asam folat yang cukup penting untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Minum sedikit jus asparagus yang dicampur dengan madu tiga kali sehari mampu membantu memperkuat kondisi kesehatan jantung.

2. Menjaga sistem pencernaan
Asparagus kaya akan kandungan seratnya dan itu sangat baik sekali untuk menjaga agar sistem pencernaan Anda tetap dalam kondisi terbaiknya. Selain itu, asparagus kaya akan mineral serta karbohidrat yang disebut inulin yang tidak dapat dicerna. Akan tetapi, didalam usus besar inilah inulin bisa menjadi makanan bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

3. Anti-inflamasi
Asparagus mengadung senyawa fitokimia yang bersifat anti-inflamasi sehingga bisa membantu meringankan arthritis dan rematik.

4. Mengatasi infeksi saluran kemih
Sebuah penelitian telah menujukan bahwa asparagus racemosus memiliki efek anti-urolithiatic yang bisa membantu dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih. Karena ia memiliki sifat diuretic, tak heran kalau mengonsumsi asparagus dapat mendorong frekuensi dan volume buang air kecil.

5. Mengontrol gula darah
Mengonsumsi asparagus mampu mengontrol kadar gula dalam darah karena asparagus mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Sehingga tak heran kalau sayuran yang satu ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan produksi ASI
Untuk Anda yang sedang menyusui sang buah hati, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Pasalnya, mengonsumsi asparagus bisa meningkatkan produksi ASI.

7. Melindungi kesehatan kulit
Didalam asparagus tersimpan antioksidan yang bernama glutathione yang mampu melindungi kulit dari kerusakan yang terjadi akibat adanya paparan sinar matahari.

8. Menjaga kesehatan mata dan ginjal
Bila dibandingkan dengan asparagus putih, asparagus hijau dikenal jauh lebih menyehatkan. Batangnya memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan itu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kalium yang terkandung didalamnya pun sangat efektif dalam menjaga kesehatan ginjal, serta mineral lainnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit.

Itulah beberapa manfaat asparagus untuk kesehatan. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi asparagus. Kandungan gizi dan nutrisi yang cukup banyak sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tapi ingat, jangan berlebihan juga mengonsumsinya ya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment