Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Sunday, June 22, 2014

9 Manfaat Bayam Terhadap Kesehatan

9 Manfaat Bayam Terhadap Kesehatan - Pada umumnya, hampir semua orang yang ada didunia ini sepakat bahwa bayam ini selain enak namun juga menyehatkan. Begitu besar manfaat sayuran hijau yang satu ini, sampai-sampai ada tokoh film kartun yang kekuatannya itu didapatkan setelah ia makan bayam. Siapa dia? ya, benar sekali. Dialah popeye si Pelaut. Tapi kan, itu hanya kartun alias fiksi? filmnya memang kartun, animasi, atau fiksi. Namun, manfaat bayamnya itu yang nyata, meskipun tidak sekuat dengan apa yang di gambarkan pada film kartun tersebut.

Sebagai warga negara Indonesia, Anda mungkin tidak akan begitu asing dengan jenis sayuran hijau ini. Salah satu jenis sayuran yang cukup mudah didapatkan ini mengandung jumlah kalori yang rendah sehingga di kategorikan sebagai salah satu jenis sayuran yang sangat menyehatkan. Kandungan nutrisi didalamnya meliputi potasium, magnesium, zat besi, vitamin A, K, D, dan juga vitamin E. Bayam biasanya disajikan dalam bentuk salad, masakan, atau pun jus. Dibawah ini terdapat 9 manfaat bayam terhadap kesehatan tubuh Anda, diantaranya:
Manfaat Bayam Terhadap Kesehatan
1. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan vitamin K, kalsium, serta magnesium yang ada pada bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Untuk itu, mengonsumsi bayam sangatlah disarankan supaya kesehatan tulang Anda tetap terjaga dan terhindar dari yang namanya pengeroposan tulang.

2. Menjaga kesehatan mata
Bayam mengandung karotenoid yang merupakan salah satu bentuk antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga agar mata tetap dalam kondisi yang sehat. Biasakan mengonsumsi bayam supaya Anda terhindari dari katarak dan generasi makula.

3. Menjaga kesehatan kulit
Bayam mengandung vitamin E yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin E yang ada pada bayam tersebut mampu melembapkan kulit sehingga terhindar dari jerawat, keriput, psoariasis, dan yang lainnya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengonsumsi bayam bisa membantu menjaga daya tahan tubuh serta mengontrol jumlah sel darah putih. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan Anda. Akhirnya, tubuh Anda pun akan terhindar dan tidak mudah untuk terserang penyakit.

5. Mencegah kanker
Bayam diketahui mengandung cukup banyak flavonoid yang berfungsi sebagai anti-kanker. Selain itu, flavonoid juga mampu mengecilkan ukuran sel kanker kulit. Tidak hanya sampai disitu, mengonsumsi bayam pun dapat memberikan perlindungan dari kanker prostat pada pria.

6. Mencegah rasa lelah
Untuk mengurangi rasa lelah berlebih, disarankan untuk membiasakan mengonsumsi sayuran bayam. Pasalnya, mengonsumsi bayam dapat meningkatkan sejumlah energi. Selain itu, kandungan zat besi didalamnya pun berperan aktif dalam meningkatkan produksi oksigen pada tubuh.

7. Sangat baik untuk pertumbuhan
Mineral zat besi yang terdapat pada bayam sangat baik untuk wanita yang sedang menstruasi dan juga untuk masa pertumbuhan anak-anak. Dibandingkan dengan daging merah, bayam ini sangat rendah lemak dan juga bebas kolesterol.

8. Diet
Sekitar 20% kandungan bayam mengandung zat yang dibutuhkan dalam Angka Kebutuhan Gizi (AKG) serat makanan. Terpenuhinya serat makanan yang baik akan mampu mempertahankan kadar gula darah rendah, makan berlebih, serta membantu sistem pencernaan.

9. Menjaga sistem pencernaan
Kandungan serat yang ada pada bayam sangatlah efektif dalam menjaga sistem pencernaan Anda.

Itulah manfaat bayam terhadap kesehatan tubuh Anda. Mulai dari sekarang, jangan lupa untuk memasukan bayam kedalam menu makanan favorit Anda. Semoga bermanfaat ya!

0 comments:

Post a Comment