Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Wednesday, September 3, 2014

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik – Bawang Bombay merupakan salah satu rempah-rempah yang seringkali digunakan untuk menemani sekaligus menambah citarasa pada suatu masakan. Bawang bombay dalam bahasa latinnya disebut dengan Allium Cepa Linneaus. Disebut bawang bombay karena memang bawang yang satu ini dibawa oleh para pedagang yang berasal dari kota Bombay yang saat ini telah berganti nama menjadi Mumbai, India.

Bawang bombay dapat dikenali dengan mudah karena ia memiliki aroma yang begitu khas bila dibandingkan dengan bawang merah seperti pada umumnya. Umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Meskipun bawang bombay lebih sering digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan, namun manfaat bawang bombay sendiri rupanya cukup banyak untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaatnya.

Manfaat Bawang Bombay


www.winndixie.com
1. Menyehatkan jantung
Penelitian telah menyebutkan bahwa makan setengah potong bawang bombay dapat menurunkan kolesterol jahat, sehingga jantung Anda pun akan tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, konsumsilah bawang bombay mentah secara teratur.

2. Mencegah osteoporosis
Tulang keropos memang bisa dicegah dengan mengonsumsi susu yang kaya akan kalsium. Namun, Anda juga bisa mencegahnya dengan mengonsumsi bawang bombay setiap harinya secara teratur. Senyawa khusus didalam bawang bombay dapat menggantikan tulang yang keropos terutama pada wanita yang tengah menderita osteoporosis. Cara lain untuk menjaga kesehatan tulang bisa Anda baca di artikel Jaga Kesehatan Tulang Anda Dengan 6 Cara Ini

3. Melancarkan peredaran darah
Salah satu manfaat bawang bombay untuk kesehatan adalah untuk melancarkan peredaran darah dan juga meredakan inflamasi. Hal ini bisa terjadi karena bawang bombay kaya akan phytochemcial yang membantu vitamin C dalam memaksimalkan fungsinya. Selain bawang bombay, bawang merah juga mempunyai peran yang sama dalam melancarkan peredaran darah.

4. Mengontrol gula darah
Didalam bawang bombay terdapat mineral kromium yang dapat membantu sel dalam merespon kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh supaya tetap terkontrol. Disamping itu, bawang bombay hijau memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda.

5. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat pada bawang bombay cukup tinggi dan itu berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Apabila Anda termasuk orang yang rutin mengonsumsi bawang bombay, kemungkinan untuk menderita sembelit atau susah BAB sangatlah kecil.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bawang bombay mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan inflamasi. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh yang kuat akan menjaga Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

Anda tidak harus selamanya mengonsumsi bawang bombay dalam keadaan mentah, namun Anda bisa memasukkan bawang bombay kedalam masakan Anda. Itulah informasi yang cukup singkat mengenai manfaat bawang bombay untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan jangan ragu ya, untuk makan bawang bombay!

0 comments:

Post a Comment