Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Monday, September 15, 2014

Manfaat Vitamin K yang Begitu Penting

Tips Sehat dan Cantik – Sampai saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat vitamin K. Karena memang kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa jenis vitamin yang satu ini tidaklah begitu penting, sehingga tidak perlu untuk di ketahui. Namun, kalau Anda berpikiran seperti itu, mulai sekarang cobalah untuk mengganti cara berpikir Anda tentang vitamin K. Karena, vitamin K sendiri mempunyai peranan vital terhadap kesehatan tubuh Anda.

Vitamin K disebut juga dengan nama Koagulasi. Vitamin yang satu ini tidak dapat larut dalam air kecuali dengan lemak. Keberadaan vitamin K sangat dibutuhkan oleh tubuh karena fungsinya adalah untuk membantu dalam proses pembekuan darah. Sehingga, apabila tubuh seseorang kekurangan vitamin K maka proses pembekuan darah dapat terganggu.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian Anda, Anda bisa memperolehnya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin K. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin K adalah susu, hati, kedelai, kol, brokoli, asparagus, dan jenis sayuran hijau lainnya.

Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh


Manfaat Vitamin K
Mengontrol pembekuan darah
Salah satu fungsi vitamin K adalah membantu memproduksi prothrombin, yakni suatu protein plasma yang diproduksi di hati kemudian diubah menjadi thrombin yang sangat penting untuk pembekuan darah. Sehingga apabila tubuh kita mengalami luka, misalnya oleh sayatan pisau, maka vitamin K inilah yang membantu Anda untuk membekukan darah dari luka tersebut.

Mencegah osteoporosis
Vitamin K membantu senyawa osteokalsin dalam proses penyerapan mineral untuk membentuk struktur mineral yang kuat. Hal ini tentunya dapat meminimkan risiko seseorang untuk mengalami osteoporosis, yaitu suatu kondisi dimana tulang menjadi lemah dan rapuh. Untuk itu, rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin K guna mencegah Anda supaya tidak mudah terserang penyakit osteoporosis.

Mencegah diabetes
Peneliti di Tufts telah menemukan bahwa vitamin K, terutama untuk vitamin K1 dapat mengurangi risiko resintensi insulin sehingga dapat membantu untuk melawan diabetes. Penemuan ini telah di terbitkan dalam Diabetes Care. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu metabolisme didalam tubuh terkait dengan adanya resistensi senyawa insulin.

Mencegah pendarahan hati
Vitamin K juga dapat berperan dalam menekan proses pendarahan di hari yang seringkali muncul disebabkan oleh adanya pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik secara berlebihan.

Mencegah penyakit hemoragik
Bayi yang baru lahir apabila mengidap penyakit hemoragik akan mengalami pendarahan. Untuk mencegah hal tersebut, maka sang bayi sangat dianjurkan untuk diberi asupan vitamin K melalui air susu ibu. Supaya ASI lebih berkualitas, sang ibu disarankan untuk senantiasa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K.

Itulah manfaat vitamin K yang begitu penting untuk tubuh Anda. Penuhi kebutuhan vitamin K harian Anda dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau. Semoga bermanfaat ya!

0 comments:

Post a Comment