Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Wednesday, September 17, 2014

Pentingnya, Manfaat Rumput Laut

Rumput laut adalah salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Rumput laut biasanya hidup di substrat pasir dan karang mati. Kandungan gizi yang tersimpan pada rumput laut diantaranya adalah vitamin A, vitamin B12, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, yodium, dan protein. Kandungan kalsium yang ada didalam rumput laut ternyata lebih banyak bila dibandingkan dengan kalsium yan terdapat pada daging sapi, brokoli, dan susu.

Dengan kandungan gizi yang cukup beragam, maka tidak heran kalau manfaat rumput laut cukup banyak dan sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaatnya, berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari rumput laut.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan


Manfaat Rumput Laut
1. Menjaga kesehatan pencernaan dan jantung
Kandungan serat yang ada pada rumput laut sangatlah besar. Hal ini tentu sangatlah bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dan detoks tubuh dari berbagai kotoran yang mengendap di dalam usus. Selain itu, rumput laut juga cukup efektif untuk menurunkan kolesterol.

Folat yang juga terdapat pada rumput laut dapat mencegah terjadinya penumpukan homosistein untuk menghindarkan penyakit jantung. Rumput laut juga mengandung banyak protein yang akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik pula bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

2. Mengatur hormon
Rumput laut kaya akan vitamin K yang dapat membantu kelenjar adrenal berfungsi dengan baik sehingga dapat menyeimbangkan hormon. Beberapa jenis rumput laut seperti yang telah kami sebutkan diatas selain mempunyai protein yang tinggi, ia juga mengandung sejumlah vitamin K yang sangat baik untuk tubuh Anda.

3. Mengatasi penyakit kulit
Rumput laut merupakan sumber vitamin B kompleks yang mana berfungsi dalam hal membantu mengurangi terjadinya peradangan serta melindungi bagian permukaan kulit. Tak heran kalau saat ini telah banyak produk kecantikan yang menjadikan rumput laut sebagai salah satu bahan utamanya. Oh iya, ternyata rumput laut juga mampu untuk meringankan alergi kulit yang sensitif, eksim, dan berbagai penyakit kulit lainnya.

4. Membantu atasi kanker
Tahukah Anda bahwa rumput laut itu mengandung senyawa alami yang bernama fucoidans yang secara klinis telah terbukti efektif untuk membunuh sel kanker tanpa harus membunuh sel-sel tubuh yang lainnya. Selain itu, senyawa fucoidans bekerja sama dengan polisakarida guna membantu Anda untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan fungsi tiroid
Apabila Anda mempunyai masalah seperti sulit menurunkan berat badan, hipotiroidisme, dan lain sebagainya, maka rumput laut ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Rumput laut mempunyai kandungan selenium dan yodium yang cukup tinggi yang dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan serta mengatur fungsi tiroid itu sendiri.

6. Meningkatkan kesuburan
Banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada rumput laut mempunyai peran yang sangat baik untuk mendukung kesuburan wanita dan pria. Unsur penting seperti halnya yodium, seng, selenium, serta magnesium akan membantu Anda untuk meningkatkan tingkat kesuburan.

Sekarang sudah tahukan apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari rumput laut ini? Mulai dari sekarang cobalah untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang menyehatkan ini, minimal satu kali dalam sehari juga bisa. Kalau Anda rutin mengonsumsinya, maka manfaat rumput laut itu pun bisa Anda rasakan oleh tubuh Anda.

0 comments:

Post a Comment