Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Wednesday, August 27, 2014

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

Tips Sehat dan Cantik - Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh kita. Vitamin D berfungsi untuk menguatkan tulang sekaligus menghindari terjadinya osteoporosis. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol, yang mana penamaan tersebut berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC). Vitamin D termasuk kedalam grup vitamin yang mudah larut dalam lemak prohormon. Hal ini sama dengan vitamin A dan vitamin B.

Untuk memperoleh vitamin D, Anda bisa mendapatkannya dengan cara berjemur di pagi hari untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. Atau, bisa juga dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti halnya ikan tuna, susu, telur, udang, minyak ikan, biji bunga matahari, jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Manfaat Vitamin D


Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh
1. Mencegah kanker payudara
Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang sangat dikhawatirkan oleh kaum hawa. Pasalnya, keberadaan jenis kanker yang satu ini dapat merenggut nyawa si Penderita. Namun, apabila kebutuhan vitamin D harian Anda terpenuhi, maka tubuh Anda pun dapat terhindar dari jenis kanker yang sangat menakutkan ini. Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin D mampu menghambat terjadinya penggandaan sel kanker.

2. Mengobati penyakit osteomalacia
Osteomalacia merupakan suatu jenis penyakit yang dapat ditemui pada jaringan tulang manusia yang disebabkan oleh adanya proses pembentukkan lapisan mineral yang tidak sempurna. Dengan kata lain, ketika ada tulang baru yang terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung, hal itu dapat mengakibatkan tulang tersebut menjadi lunak yang pada akhirnya akan mudah retak dan patah. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit yang satu ini adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin D dan mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari.

3. Membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang
Pembentukkan dan pemeliharaan tulang sejatinya tidak serta merta oleh vitamin D. Karena, vitamin D mampu berkolaborasi dengan vitamin lain seperti vitamin C untuk dapat membantu terjadinya pembentukkan tulang. Namun, vitamin D sendiri mempunyai fungsi khusus dalam membantu terjadinya proses pengerasan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor pada tubuh agar ada didalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang. Salah satu cara proses pengerasan tulang ini adalah pada tulang kalsitirol dan hormon paratiroid merangsang pelepasan kalsium dari permukaan tulang yang masuk ke dalam darah.

4. Menyehatkan dan meremajakan kulit
Tubuh sejatinya mampu memproduksi vitamin D walaupun tetap harus ada asupan dari makanan alami tanpa perlu mengonsumsi dari suplemen vitamin D lainnya. Asupan makanan vitamin D yang alami bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan, telur, ataupun margarin. Manfaat vitamin D untuk kulit adalah supaya kulit tetap sehat. Selain itu, vitamin D2 dan D3 mampu mencegah gangguan kulit seperti psoriasis, memperbaiki kerusakan kulit, mencegah terjadinya infeksi luka dalam kulit dan sekaligus membantu meremajakan kulit.

 5. Menyembuhkan penyakit rakhitis
Vitamin D mampu membantu tubuh untuk mengontrol kadar fosfat dan kalsium dalam tubuh manusia. Ketika tubuh Anda kekurangan asupan vitamin D, maka akan secara otomatis dia tidak dapat mengontrol kadar pelepasan kalsium dan fosfat. Tubuh bisa saja merangsang beberapa hormon untuk melepaskan kalsium dan fosfat dari tulang. Apabila kandungan fosfat dan kalsium dalam tulang semakin berkurang, maka tulang kita dapat melemah atau melunak. Rakhitis dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan menggunakan X-Ray pada tulang kaki. Penyakit rakhitis dapat disembuhkan dengan cepat melalui bantuan suplemen vitamin D yang dimasukkan secara oral. Ketika melakukan pemeriksaan rakhitis, dokter akan memantau kadar 25-OH-D dalam plasma agar mereka dapat mengembalikannya ke keadaan normal. Penyakit rakhitis bisa disebabkan oleh kekurangan kalsium walaupun anak tersebut telah terpapar sinar matahari yang cukup. Apabila penyakit rakhitis disebabkan oleh kurangnya kadar kalsium, maka anak tersebut perlu mengonsumsi suplemen kalsium yang dibarengi dengan suplemen vitamin D.

Demikian informasi akan manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga apa yang disampaikan pada kesempatan ini bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan baru untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment